Dimana-mana Macet ! Pak Polisi harus bagaimana ?

02.22 Memelisa 0 Comments



Sampai saat ini produksi kendaraan bermotor di dalam negeri masih terus meningkat, dikarenakan permintaan dari masyarakat juga tinggi. Dapat dilihat dari bertambahnya titik-titik kemacetan di sejumlah kota besar di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri keinginan masyarakat untuk bepergian dengan kendaraan pribadi memang masih menjadi pilihan utama karena kendaraan umum yang tersedia dirasa kurang aman dan nyaman. Selain karena kendaraan umum yang kurang aman dan nyaman, keterbatasan infrastruktur jalan juga menjadi penyebab kemacetan. 

Berbagai cara telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi kemacetan di berbagai daerah. Termasuk juga bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk membantu mengatur kelancaran berlalu lintas agar tidak terjadi kemacetan. Namun pada kenyataannya, tidak jarang bukannya membantu kelancaran  berlalu lintas tapi ada beberapa polisi malah terkesan tidak perduli bahkan ada yang mencari-cari kesempatan. Sehingga asumsi sebagian masyarakat terhadap kinerja kepolisian jadi buruk. 

Tapi banyak juga masyarakat yang mengapresiasi akan kinerja kepolisian dalam mengatur kelancaran berlalu lintas, terutama di jam-jam sibuk.Sebagai masyarakat tentunya berharap bahwa kinerja kepolisian dapat lebih ditingkatkan lagi yaitu dengan cara menambah personil yang turun ke jalan untuk mengawasi dan mengatur lalu lintas terutama di persimpangan yang tidak ada lampu lalu lintas dan pada saat jam-jam sibuk. Lebih tegas dalam menertibkan para supir angkutan umum yang biasa ngetem dan akhirnya membuat kemacetan. Juga tegas dalam menertibkan para pengendara kendaraan bermotor yang suka melanggar peraturan lalu lintas.

Mengatasi kemacetan memang bukan sepenuhnya tugas pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun kepolisian. Tapi mengatasi kemacetan adalah tugas kita semua, karena dengan kesadaran dari diri kita sendirilah yang nantinya akan semakin mempermudah tugas para aparatur negara termasuk polisi untuk mengatur kelancaran, keamanan dan kenyamanan dalam berlalu lintas.

0 komentar: