Keyakinan

21.08 Memelisa 0 Comments

Setelah bercengkrama dengan sahabat sepulang gereja mengenai keyakinan, pembuktian dan evaluasi terhadap cinta. Kemudian saya jadi berpikir, apakah yang membuat cinta pada zaman mama dan papa bertahan begitu lama. Padahal untuk bertemu saja, mereka tidak segampang sekarang. Butuh penantian yang cukup panjang dan lama untuk dapat menerima kabar satu dengan lainnya.

Tidak jarang pula ada diantara kita yang mama papa nya dijodohkan untuk kepentingan satu dan lain hal. Tapi mereka tetap dapat menjalankan bahtera rumah tangga mereka, bohong kalau dikatakan tidak ada cinta dan sayang diantara mereka, karena buktinya mereka memiliki anak-anak yang jarang sedikit. 

Namun, bukannya rumah tangga mereka tidak ada permasalahan. Terkadang adu mulut juga terjadi diantara mereka, tetapi selalu ada penyelesaian dan diakhiri dengan tidur bersama. Kehidupan rumah tangga mereka tak jarang pula yang penuh dengan ironi pertentangan antara dua keluarga, namun tetap dapat bertahan hingga maut memisahkan. 

Hal ini membuat saya berpikir dan yakin bahwa keyakinan lah yang membuat mereka dapat bertahan begitu lama. Keyakinan disini tidak saya definisikan sebagai "agama" karena tidak cukup dengan saling satu "agama" saja perjalanan cintamu akan bertahan sampai maut memisahkan. 

Saya sendiri belum dapat mendefinisikan keyakinan itu sendiri seperti apa, yang jelas saya percaya bahwa keyakinan terhadap pasangan akan menyesuaikan melalui pengalaman hidup bersamanya. Dan keyakinan itu dimulai dari hal-hal kecil, kokoh, begitu kuat , letaknya ada didalam hatimu dan dengan keyakinan itu dapat membawamu menemukan hal-hal ajaib diluar batas yang pernah kamu pikirkan. 

Keyakinan dibangun sejak kanak-kanak. Ia ada dan tumbuh di dalam setiap diri kita masing-masing. Ia tidak hanya berperan untuk soal pilihan-pilihan serius. Ia tidak hanya berperan untuk soal bagaimana menjadi dewasa. Ia juga tidak melulu berperan untuk soal memilih dengan siapa kita akan berjalan, bertemu, berpisah atau  bertahan.

Tetapi keyakinan adalah bagaimana ketika kita merasa sendirianpun, tidak ada rasa takut. Dan kita akan terus melangkah, terus  maju untuk mencapai apa yang kita yakinkan tersebut. Dan salah satunya adalah melangkah terus maju untuk cinta.

Dan sekarang saya sedang belajar untuk memahami pengalaman-pengalaman hidup saya untuk dapat menemukan the right one yang kelak bersamanya akan saya taruh dan perjuangkan keyakinan saya .


0 komentar: